Cara Ganti Password Atau Kata Sandi Gmail 2018

Lupa password atau kata sandi email google (Gmail) sering terjadi akibat kata sandi terlalu sulit diingat atau ada yang sengaja menggantinya. Untuk mengatasi masalah tersebut caranya cukup mudah, kamu bisa mereset ulang password gmail secara cepat dan menggantinya dengan kata sandi baru.

Masalah password yang pertama adalah jika kamu masih bisa mengakses atau masuk ke halaman utama akun Google dan ingin merubah sandi baru, cara merubah password Gmail cukup dengan mengikuti langkah berikut:

1. Masuk atau Login ke Akun Gmail kemudian klik bagian foto di pojok kanan atas lalu klik "Akun Saya"

panduan merubah sandi gmail

2.  Akan muncul halaman baru Masuk & keamanan, pilih "Masuk ke Google".

merubah sandi gmail

3. Ganti password melalui menu "Sandi".

Ganti Sandi Gmail

4. Masukan kembali password lama, lalu pada halaman sandi, ketik kata sandi baru - lalu pilih "Ubah Sandi"

Cara Ganti Sandi Gmail


Catatan: Jika kamu menggunakan Android 5.1 atau lebih tinggi, tunggu 72 jam setelah mengubah sandi untuk mengembalikan ke setelan perangkat. Artinya email belum bisa digunakan selama menyiapkan perangkat ke setelan handphone.

Masalah password yang kedua adalah jika kamu lupa kata sandi atau kesulitan masuk ke akun gmail dengan informasi seperti gambar di bawah, maka langkah pertama klik "lupas sandi?"

panduan ganti password gmail

Langkah kedua, pilih pada bagian "Saya tidak tahu sandi saya" lalu klik tombol "Lanjutkan"

cara mudah ganti password gmail

Langkah ketiga, jika masih mengingat password lama maka masukan sandi di kolom password tapi jika tidak lanjutkan dengan klik tombol "Saya tidak tahu"

merubah password gmail

Langkah keempat, Google mail akan memberikan kode verifikasi lewat no telepon yang dimasukan saat pendaftaran email. Pilih pesan teks (SMS) lalu klik "Lanjutkan"

Ganti Password Gmail
Langkah kelima, masukan 6 digit kode verifikasi yang diterima melalui SMS - klik "Lanjutkan"

Cara Ganti Password Gmail

Langkah terakhir, ganti password Gmail dengan yang baru, usahakan password mudah diingat dan kombinasikan antara huruf, angka dan karakter password.

Cara Ganti Password Atau Kata Sandi Gmail

Panjang sandi Akun Google setidaknya harus 8 karakter. Sandi dapat terdiri dari:
  1. Huruf besar dan huruf kecil. Sandi peka terhadap huruf besar/kecil, jadi "G" berbeda dengan "g".
  2. Angka
  3. Simbol-simbol ini: ! " # $ % & ‘ ( ) * + , - . / : ; < = > ? @ [ \ ] ^ { | } ~
  4. Spasi: tidak dapat menggunakan spasi di awal atau akhir sandi. Tidak masalah jika spasi dalam sandi.
Catatan: Kamu tidak bisa menggunakan kata sandi lama dan Google akan memblokir sandi yang mudah ditebak, seperti “12345678”.

Itulah cara mudah ganti password Gmail jika terjadi masalah atau kesulitan ketika akan membuka email Google. No telepon sangat penting untuk menjaga keamanan dan verifikasi akun, jadi usahakan verifikasi email dengan No.hp ketika melakukan pendaftaran email.

Pastikan No.seluler aktif, dan jika ganti nomor, segera perbaharui juga bagian No. seluler pada akun Gmail supaya memudahkan verifikasi ketika terjadi masalah pada akun Gmail. Untuk informasi keamanan dan tips menjaga email silahkan baca disini: Tips Keamanan Dan Menjaga Password Email

Jangan Lewatkan