Cara Membuat Lampiran Pada Email 100% Work

BUATEMAIL - Email Attachment atau lampiran surat elektronik adalah segala jenis file yang dikirim atau dilampirkan bersama dengan email. Pada dasarnya lampiran email sama dengan surat biasa, yaitu berkas yang mendukung atau terkait dengan isi surat, namun yang membedakan adalah lampiran email bisa berupa gambar, video, musik, atau file ekstensi (*.txt, *.doc, *.html) dan lainnya.

Membuat lampiran email sangat mudah dan tentu saja harus memiliki akun email terlebih dahulu, jika belum segera buat email gratis dari mulai sekarang, bisa dilihat caranya disini: Daftar/Buat Email Bahasa Indonesia

Sebelum membuat lampiran email, perhatikan jenis file yang akan dikirimkan. Jika file jumlahnya banyak atau dalam ukuran besar, kompres atau bungkus kedalam format "rar/zip" supaya jadi satu dan ukurannya kecil. Untuk lampiran berupa foto, video atau musik juga sama, perkecil ukurannya agar mudah ketika dilampirkan dan tidak melebihi batas lampiran kuota email. Caranya mudah buka file yang akan dilampirkan - drag (pilih semua file) - klik kanan pada mouse - pilih "compress and email" - pilih RAR/ZIP - ketik nama file - OK.

Cara Membuat Lampiran Pada Email

Setelah file berhasil dikompres, buka alamat email, masukan lampiran pada tombol Attachment atau lampiran email.

Lampiran pada Gmail
  1. Sign In ke halaman akun Gmail 
  2. Klik pada tombol "Tulis" atau buat email di panel kiri.
  3. Klik pada tombol icon bertuliskan "Lampirkan file"
  4. Dijendela baru, pilih file yang akan dilampirkan - "Kirim" bersama email
Cara Membuat Lampiran Gmail

Lampiran pada Yahoo Mail
  1. Sign In ke halaman Yahoo 
  2. Masuk ke menu Email - klik pada tombol "Tulis" atau buat email di panel kiri.
  3. Klik pada tombol icon bertuliskan "Lampirkan file"
  4. Pilih file yang akan dilampirkan - "Kirim" bersama email
Cara Membuat Lampiran Yahoo

Lampiran pada Outlook/Hotmail
  1. Log in ke halaman Outlook.com 
  2. Buat Email - klik pada tombol "Tugas baru" dibagian panel atas.
  3. Klik pada menu"Lampirkan"
  4. Pilih file yang akan dilampirkan - "Kirim" bersama email
Cara Membuat Lampiran Hotmail

Berikut ini adalah poin penting yang harus diperhatikan saat mengirimkan lampiran apapun melalui e-mail. Untuk email formal contohnya lamaran pekerjaan sebaiknya kirim hanya 1-5 lampiran dalam satu email. Jika file lampiran lebih dari lima, satukan seperi cara di atas supaya jadi satu dan mudah dibuka oleh si penerima. Umumnya kuota lampiran email adalah 25MB, jika harus mengirimkan video dengan ukuran lebih dari itu, disarankan diupload ke youtube lalu kirim link video tersebut melalui email.

Jangan Lewatkan