Pengertian Email dan Manfaatnya

Electronic mail (e-mail) ditengah teknologi modern internet menjadi bagian penting. Melalui e-mail dan Internet kita bisa berkomunikasi secara global kemana saja dengan cepat. Dengan adanya e-mail ini sangat membantu untuk kegiatan online misalnya untuk mengirim data. media promosi, media informasi sampai penunjang segala aktifias di jejaring sosial.

Pada dasarnya E-mail atau surat elektronik adalah sarana kirim mengirim surat melalui jaringan Internet. Jika dengan surat biasa umumnya kita perlu waktu dan juga membayar biaya pegiriman, tetapi melalui e-mail, mengirim surat hanya dalam hitungan detik dan hanya membutuhkan biaya untuk data/koneksi Internet.

E-mail sudah dipakai umum sejak pada tahun 1980-an. Keamanan data di surat elektronik melalui teknik pengacakan (enkripsi). Dengan memakai cara ini maka isi surat akan dilindungi, dan hanya orang yang tertuju dapat mendekripsi dan membaca surat elektronik tersebut. Secara lebih lengkap penjelasan email ini bisa dibaca disini.

Secara umum ada 3 jenis layanan e-mail, yaitu POP mail, E-mail Forwarding dan E-mail berbasis web.
  1. Pop Mail - E-mail jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP atau penyedia layanan Internet. Email jenis ini bisa dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) hanya perlu connect ke server POP mail, lalu mendownload seluruh email yang ada, setelah itu bisa membaca email.
  2. Web Based Mail - Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan oleh berbagai layanan situs/web seperti Gmail, Yahoo dan sebagainya. Pengguna email bisa membuka dan membaca email dari mana saja dengan terhubung ke internet.
  3. Email Forwarding - Email jenis ini juga intinya sama seperti web based mail, kelebihannya adalah layanan email bisa meneruskan email yang diterimanya kedalam email yang lain, namun membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai kepada alamat email yang sesungguhnya.
Web Based Mail ini paling banyak dipakai karena selain mudah penggunaannya, layanan yang diberikan juga gratis alias tidak berbayar. Dengan email jenis ini sudah cukup mendukung kebutuhan dari berbagai aktifitas online di internet terutama untuk komunikasi digital, karena intinya e-mail memiliki manfaat seperti:
  • Alat komunikasi yang mudah, murah dan cepat.
  • Dapat mengirimkan file berupa program, gambar, grafik, dan file lainnya.
  • Dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus secara bersamaan.
  • Dapat digunakan untuk mengirimkan surat atau ucapan selamat kepada keluarga di kampung halaman atau di luar negeri.
  • Dalam bidang bisnis, untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting.
  • Dan lain sebagainya
Untuk memperoleh atau mendapatkan alamat email bisa dari berbagai cara tergantung kebutuhan dari pembuatan email itu sendiri. Bisa dari Internet Service Provider (ISP) yang melayani koneksi internet seperti Indosat NET, WasantaraNET, dan IndoNET. Bisa juga dari perusahaan yang memiliki identitas perusahaan dimana email tersebut terdaftar atau dengan cara berbayar (lewat pembelian hosting website) dan cara yang paling mudah yaitu mendaftar ke penyedia layanan Web Based Mail.

Jangan Lewatkan