Jadi secara sederhana, email marketing adalah versi online dari direct mail. Tidak jauh bedanya dengan mengirimkan brosur dan kupon ke rumah pelanggan di dunia nyata. Hanya saja, dengan email marketing semua yang dikirimkan dilakukan secara digital melalui inbox mail pelanggan.
Jika kamu adalah seorang pebisnis online dan mempunyai produk/jasa yang ingin dipasarkan melalui metode email, berikut ini adalah panduan mudah, bagaimana cara memulai email marketing:
Langkah 1: Buat perencanaan email marketing
Sebelum memulai strategi pemasaran melalui email markeing, buatlah tujuan atau rancangan dari keseluruhan "email marketing". Luangkan waktu untuk mengetahui produk apa yang akan dipasarkan, kenali minat atau keinginan pelanggan, seberapa besar peluang email akan dibuka dan berhasil menarik pelanggan serta hal-hal lainnya yang bersifat marketing planning.
Langkah 2: Buat atau bangun email list
Saat ini tidak perlu repot, untuk membangun sebuah email list atau daftar email yang akan dijadikan target pemasaran. Ada banyak penyedia layanan email marketing yang sudah cukup terpercaya dan profesional dalam mengelola email list.
Dengan bantuan tool atau alat dari penyedia layanan tersebut, kita bisa dengan mudah membuat form pendaftaran email lalu menyusun dalam list email dengan mudah. Email marketing tool juga berguna untuk menampung daftar email yang sudah kita kumpulkan dari hasil RSS feed atau kolom email langganan pada blog/website yang kita miliki.
Berikut ini adalah beberapa penyedia layanan email marketing terpercaya yang bisa dicoba:
- AWeber (Bulan pertama $1)
- GetResponse (Gratis bulan pertama)
- MailChimp (Gratis 2000 email pertama)
Langkah 3: Pilih tipe dan buat email marketing
Setelah mendaftar salah satu layanan email marketing, langkah selanjutnya adalah memilih tipe campaign atau jenis pemasaran email sesuai produk yang akan dipasarkan. Ada beberapa jenis kampanye email pemasaran yang disediakan layanan email marketing untuk mengirim ke pelanggan seperti:
- Newsletter (format email untuk berita)
- Marketing Offer (format email untuk penawaran)
- Announcement (format email pengumuman)
- Event Invitation (format email undangan)
Silahkan sesuaikan dengan produk dan keinginan pelanggan sesuai tahap pertama di atas. Desain dan coding atau pemograman dalam membuat sebuah email marketing sudah disediakan otomatis, tinggal disesuaikan saja sesuai konsep email marketing yang akan dibuat. Jadi tidak perlu repot-repot lagi mengatur HTML email dan lainnya.
Langkah 4: Evaluasi hasil email marketing
Membuat dan menjalankan email marketing melalui penyedia layanan diatas sangatlah mudah, namun hasil dari pemasaran tersebutlah yang harus benar-benar dicermati. Apakh sudah sesuai target, apakah respon pelanggan terhadap email marketing yang dibuat bagus atau sudah sesuai apa yang kita harapkan dari pemasaran produk/jasa kita.
Masing-masing penyedia layanan email marketing di atas sudah dilengkapi dengan tool pelaporan kerja yang cukup bagus.Kita bisa dengan mudah melacak keberhasilan kampanye pemasaran email seperti alat pemasaran email (Monitor kampanye) dan alat analisis situs Web/blog (seperti Google Analytics).
Itulah langkah mudah memulai email marketing khususnya bagi pemula. Membuat email marketing tidaklah susah, bahkan sangat mudah sekali. Keuntungan pemasaran menggunakan email marketing selain lebih praktis juga lebih hemat waktu dan biaya. Selamat mencoba!