Cara Sederhana Memulai Email List Building

Email list building atau membangun daftar alamat email adalah wajib khususnya bagi anda yang memanfaatkan sarana email untuk keperluan promosi atau email marketing. Email List ini secara sederhana adalah kumpulan alamat email atau data pelanggan yang nantinya bisa digunakan sebagai objek utama ketika mempromosikan suatu produk/jasa melalui email.

Membangun email list memang bukan perkara yang mudah, apalagi jika tidak mengetahui sama sekali bagaimana cara mengumpulkan data email tersebut. Namun setidaknya ada beberapa cara sederhana dan mudah untuk membangun email list dari awal alias dari nol, seperti pada ulasan berikut:

Membuat form berlangganan email di website/blog

Kotak email subscribers

Kotak email subscribers adalah salah satu cara yang paling mudah untuk memulai email list dari awal. Selain bisa menjaring visitor atau pengunjung loyal, email yang diperoleh juga bisa dipastikan akan sesuai dengan tema atau minat pembaca dari website/blog tersebut. Contohnya jika web tersebut mengulas tentang fashion, pasti pengunjung adalah orang-orang yang menyukai fashion. Jadi buatlah halaman email subscribers semenarik mungkin dan simpan ditempat yang mudah dijangaku dihalaman situs/blog anda.

Membuat halaman pendaftaran online

halaman registrasi atau sign up email

Selain kotak berlangganan email, halaman registrasi atau sign up juga merupakan cara paling tepat membangun email list dari nol atau awal. Memanag form pendaftaran di situs/blog adalah cara yang paling efektif baik dari segi kualitas dan kuantitas. Jadi pastikan untuk memasukkan bagian kotak email sign-up ke semua formulir pendaftaran pada halaman website/blog. Untuk membuatnya lebih mudah cobalah perhatikan hal berikut:
  • Halaman pendaftaran jelas dan relevan untuk audiens yang jadi target
  • Cantumkan manfaat mendaftar untuk program tersebut secara jelas
  • Informasi geografis dan demografis dikumpulkan untuk segmentasi
  • Panggilan untuk bertindak ditampilkan secara jelas
Menyediakan halaman download gratis

halaman download gratis

Halaman download bisa berbagai macam contohnya seperti giveway hadiah gratis, ebook, katalog, pamflet, informasi perusahaan, makalah penelitian atau lain-lain. Gunakan form email pada halaman tersebut sebagai kunci atau akses pengunjung agar bisa mengunduh tawaran yang anda berikan. Cara in terbukti bisa membantu email list building dengan baik tanpa harus melakukan spamming.

Memasang formulir email bisa juga melalui halaman contact us, halaman pembuka atau selamat datang dengan cara pop up form, halaman diskon, atau bisa juga dibagian check out khususnya untuk website atau blog toko online.

Memanfaatkan sosial media

halaman sign up email facebook

Jejaring sosial media selain sebagai saran yang bagus untuk mempromosikan produk atau jasa, juga bisa digunakan untuk membantu membangun email list. Contohnya seperti halaman / page facebook bisa digunakan untuk mempromosikan tawaran yang memerlukan tindakan sign up atau mengisi alamat email. Namun tentu saja anda harus pintar dan sabar memperbanyak jumlah follower halaman sosial media.

Menggunakan jasa advertiser/iklan

Menggunakan jasa advertiser/iklan

Cara ini adalah model paling praktis namun tentu saja tidak gratis alias memerlukan sedikit biaya. Dengan jasa periklanan contohnya seperti google adsense, paid to click, affiliate dan lainnya, kita hanya tinggal membuat landing page atau halaman utama lengkap dengan produk/jasa atau tawaran menarik lainnya dengan menyertakan kotak form email seperti di atas. Selain efektif mendatangkan jumlah visitor baru, cara ini juga bisa jadi tolak ukur pertama seberapa besar minat pengguna internet di luar sana yang tertarik dengan produk/jasa yang anda tawarkan.

Itulah beberapa langkah sederhana memulai email list building untuk email marketing. Selain cara online, membagi brosur atau selembaran dengan cara offline juga bisa untuk membantu mendapatkan banyak visitor yang nantinya mengisi form email yang anda berikan. Selain itu ada juga cara grabing dengan software via internet, namun cara ini tidak direkomendasikan karena tidak akan memperoleh email pengguna yang tepat sasaran. Untuk manajemen list building email yang lebih baik, dengan menggunakan layanan jasa email marketing seperti aweber, mailchimp dan lain-lain bisa jadi pilihan yang tepat dan memudahkan anda dalam kampanye produk/jasa melalui email.

Jangan Lewatkan