Tak sedikit orang beranggapan jika email sudah tidak lagi digunakan untuk aktivitas pemasaran online, karena kini semuanya sudah beralih ke pemasaran lewat media sosial. Tapi ternyata banyak pakar yang justru bisa melejitkan usahanya secara bertahan dengan memanfaatkan media email marketing mempromosikan produknya.
Keunggulan
Email Marketing
Apa
alasan memilih email marketing untuk
memasarkan bisnis/usaha secara online? Jawabannya tentu sangat simpel, karena
setiap identitas diri pengguna di internet selalu dihubungkan dengan alamat
email pengguna itu sendiri. Baik itu untuk pendaftaran akun jejaring sosial,
maupun ketika mendaftar sebagai member di toko online yang tentu saja
memerlukan alamat email Anda ketika membuatnya. Tak hanya itu saja, email juga
menjadi sumber informasi paling penting dalam menyimpan semua data diri Anda,
misalnya password.
Dengan
kata lain sebagai pengguna, tentu tak bisa terlepas dari email. Alasan ini
sudah cukup kuat menjadikan email sebagai media yang mampu mendongkrak sistem
pemasaran Anda di dunia maya. Setiap harinya terdapat ratusan akun email baru
dan dibuat hingga di sleuruh dunia. Untuk itu, peluang memasarkan produk lewat
internet ini cukup baik. Jika anda memilih email sebagai media untuk mempromosikan
produk Anda, berikut beberapa strategi marketing lewat email yang wajib
diketahui :
Membangun
List Building
Hal pertama yang harus
dipertimbangkan terlebih dulu adalah Anda wajib memiliki daftar alamat email
calon pelanggan yang ingin dijadikan target market Anda. Terdapat beberapa cara
untuk mengetahuinya, diantaranya lewat WSO ata Warrior Special Offer. Cara ini
merupakan strategi untuk memperoleh list email calon konsumen secara gratis,
akan tetapi Anda wajib memberikan kupon bonus atau penawaran khusus sebagai
imbalannya. Dengan cara tersebut. Kemungkinan besar, banyak calon pembeli yang
dapat diprospek untuk mendapatkan penawaran dari Anda.
Memberikan
Konten Positif Dengan Berkala
Sebenarnya konten yang bagus
saja tak akan cukup untuk mengambil hati para calon konsumen. Anda yang
menggunakan email marketing sebagai strategi
promosi produk, setidaknya konten yang diberikan harus memiliki nilai positif
bagi calon konsumen itu sendiri. Usahakan ketika memberikan konten lewat email,
Anda harus melakukannya dengan berkala dan secara kontinu. Jadi tak akan
berpengaruh besar jika Anda hanya melakukannya 1-2 kali saja.
Sortir
List Email Kembali Untuk Dilakukan Prospek
Berdasarkan jumlah daftar
email yang telah dikumpulkan sebellumnya, biasanya terdapat beberapa calon
pembeli yang tertarik dengan konten email yang dikirimkan. Maka dari itu, Anda
bisa menyortir mana saja daftar email yang kemungkinan besar tertarik untuk
menerima info selanjutnya dari Anda. Daftar email yang telah disortir kembali
inilah yang nantinya menjadi prospek target pembeli Anda, serta siap diberikan
konten dari produk Anda.
Bedakan
Konten Tips dengan Konten Produk
Dalam satu minggu sebanyak 7
hari, perbandingannya yaitu 1:3. Dengan kata lain, apabila setiap hari Anda
melakukan share konten yang isinya berupa tips atau informasi yang bermanfaat.
Maka 1 minggunya lagi Anda dapat berkesempatan melakukan promosi konten produk
sebanyak 2 kali. Namun jangan sering-sering mengirimkan email promosi produk
sebab bisa dianggap sebagai spam marketing.
Itulah
3 strategi dasar dalam memaksimalkan penggunaan email
marketing untuk mempromosikan produk Anda!