Pemasaran lewat blog atau website mungkin saja tak sempat dikunjungi atau bahkan dilupakan calon konsumen. Akan tetapi, berbeda jika kita memanfaatkan media email marketing. Hal tersebut dikarenakan email adalah platform yang paling sering dibuka dan dikunjungi penggunanya. Karena hal itulah, tak sedikit para pengusaha yang memanfaatkan platform email sebagai media marketing brand/produknya. Salah satu caranya yaitu dengan menceritakan bisnis yang mereka jalankan semenarik mungkin melalui tulisan yang mereka kirim lewat email. Sehingga tak menutup kemungkinan banyak pembaca setianya yang berubah menjadi konsumen atau pembeli. Proses marketing seperti ini seringkali disebut sebagai list building.
Apa
Pengertian Email Marketing?
Sesuai
namanya, kita tentu sudah bisa menebak jika email
marketing adalah proses pemasaran lewat media email. Melalui proses
marketing inilah, Anda melakukan broadcast atau mengirim email pada target
pasar yang Anda bidik, dan tentu saja Anda sudah mempunyai alamat emailnya.Hal
yang sangat penting dalam proses pemasaran lewat email ini adalah izin pemilik
email. Anda hanya diperbolehkan mengirimkan email pada subscriber Anda,
yakni mereka yang memberikan alamat emailnya, lalu mengizinkan serta bersedia
menerima email yang Anda kirim.
Jika
Anda pernah atau sering menerima SMS promosi operator seluler atau SMS kredit
tanpa agunan, tentu merasa risih bukan? Ya, hal ini karena Anda tak suka
menerima pesan singkat berisi promosi tersebut sebab Anda tak pernah bersedia
menerima SMS itu. Itulah analogi yang digambarkan sama persis seperti program
pemasaran lewat email ini, mengirimkan email pada alamat email yang ternyata
bukan subscriber Anda sudah tentu hanya bersifat spam marketing
dan tidak bisa dikatakan sebagai email marketing.
Alasan
Pentingnya Memasarkan Brand/Produk Lewat Email?
Dalam
kebanyakan bisnis, mempunyai langganan tentu saja lebih menguntungkan
dibandingkan harus mendatangkan konsumen baru. Bagi mereka yang pernah menjadi
pelanggan atau pembeli Anda biasanya sudah mempercayai Anda dan cenderung
membeli produk Anda kembali. Sebaliknya, untuk meyakinkan calon konsumen itu
sangat susah. Nah, lewat media email inilah Anda sangat dipermudah untuk tetap
mempertahankan pelanggan lama agar tetap mengenal Anda, sebab Anda tetap
berhubungan baik dengan mereka melalui email.
Lalu,
Kenapa Tidak Mempertahankan Pelanggan Melalui Sosial Media Saja?
Seperti
kita ketahui jika sosial media yang populer umumnya terus berganti setiap
beberapa tahun. Seperti misalnya, dulu sosmed yang populer ada friendster,
kemudian facebook, lalu twitter dan saat ini Path. Dimana semuanya
beramai-ramai pindah jika ternyata ada yang jauh lebih seru. Sesudah
repot-repot mengumpulkan banyak follower ternyata 5 tahun kemudian
semuanya hilang karena pindah ke platform yang baru. Inilah yang membuat Anda
harus kembali mengumpulkan banyak folloer dari awal. Berbeda dengan
email yang sudah banyak dimanfaatkan sejak lama namun sampai saat ini masih
tetap digunakan. Tak hanya itu saja, email marketing juga merupakan sumber
traffic ke website Anda secara mandiri dan konsisten.