Pengenalan Tentang Email Marketing 2018 dan Efektifnya Sebagai Media Pemasaran

Pemasaran lewat blog atau website mungkin saja tak sempat dikunjungi atau bahkan dilupakan calon konsumen. Akan tetapi, berbeda jika kita memanfaatkan media email marketing. Hal tersebut dikarenakan email adalah platform yang paling sering dibuka dan dikunjungi penggunanya. Karena hal itulah, tak sedikit para pengusaha yang memanfaatkan platform email sebagai media marketing brand/produknya. Salah satu caranya yaitu dengan menceritakan bisnis yang mereka jalankan semenarik mungkin melalui tulisan yang mereka kirim lewat email. Sehingga tak menutup kemungkinan banyak pembaca setianya yang berubah menjadi konsumen atau pembeli. Proses marketing seperti ini seringkali disebut sebagai list building.


Apa Pengertian Email Marketing?
Sesuai namanya, kita tentu sudah bisa menebak jika email marketing adalah proses pemasaran lewat media email. Melalui proses marketing inilah, Anda melakukan broadcast atau mengirim email pada target pasar yang Anda bidik, dan tentu saja Anda sudah mempunyai alamat emailnya.Hal yang sangat penting dalam proses pemasaran lewat email ini adalah izin pemilik email. Anda hanya diperbolehkan mengirimkan email pada subscriber Anda, yakni mereka yang memberikan alamat emailnya, lalu mengizinkan serta bersedia menerima email yang Anda kirim.
Jika Anda pernah atau sering menerima SMS promosi operator seluler atau SMS kredit tanpa agunan, tentu merasa risih bukan? Ya, hal ini karena Anda tak suka menerima pesan singkat berisi promosi tersebut sebab Anda tak pernah bersedia menerima SMS itu. Itulah analogi yang digambarkan sama persis seperti program pemasaran lewat email ini, mengirimkan email pada alamat email yang ternyata bukan subscriber Anda sudah tentu hanya bersifat spam marketing dan tidak bisa dikatakan sebagai email marketing.
Alasan Pentingnya Memasarkan Brand/Produk Lewat Email?
Dalam kebanyakan bisnis, mempunyai langganan tentu saja lebih menguntungkan dibandingkan harus mendatangkan konsumen baru. Bagi mereka yang pernah menjadi pelanggan atau pembeli Anda biasanya sudah mempercayai Anda dan cenderung membeli produk Anda kembali. Sebaliknya, untuk meyakinkan calon konsumen itu sangat susah. Nah, lewat media email inilah Anda sangat dipermudah untuk tetap mempertahankan pelanggan lama agar tetap mengenal Anda, sebab Anda tetap berhubungan baik dengan mereka melalui email.
Lalu, Kenapa Tidak Mempertahankan Pelanggan Melalui Sosial Media Saja?

Seperti kita ketahui jika sosial media yang populer umumnya terus berganti setiap beberapa tahun. Seperti misalnya, dulu sosmed yang populer ada friendster, kemudian facebook, lalu twitter dan saat ini Path. Dimana semuanya beramai-ramai pindah jika ternyata ada yang jauh lebih seru. Sesudah repot-repot mengumpulkan banyak follower ternyata 5 tahun kemudian semuanya hilang karena pindah ke platform yang baru. Inilah yang membuat Anda harus kembali mengumpulkan banyak folloer dari awal. Berbeda dengan email yang sudah banyak dimanfaatkan sejak lama namun sampai saat ini masih tetap digunakan. Tak hanya itu saja, email  marketing juga merupakan sumber traffic ke website Anda secara mandiri dan konsisten.

Jangan Lewatkan