Keberhasilan sebuah penjualan dapat terjadi jika dilakukan dengan carafollow up. Dimana semakin sering Anda melakukan follow-up, dengan begitu tingkat kesuksesannya pun akan semakin besar. Jadi ketika melakukan email marketing, jangan hanya sekedar mengirimkan email saja lalu berhenti tanpa adanya follow up. Perlu Anda ingat, jika Anda mengirim email yang berulang-ulang untuk calon prospek tujuannya sebagai reminder atua pengingat, dan tentu saja dengan menggunakan subjek email yang lebih menarik dan berbeda. Lantas, bagaimana tips mengirimkan email berulang secara massal namun tidak dibanned? Ini dia tips-nya!
Memakai
Software Email
Agar
Anda bisa mengirimkan email dalam jumlah yang banyak atau massal dibutuhkan
software email. Sebab Anda tak akan dapat melakukannya jika hanya menggunakan
layanan email dari Yahoo atau Google saja sebab mereka membatasi jumlah
pengiriman email untuk setiap harinya. Apabila memaksakan, bisa-bisa email Anda
masuk kategori spam bahkan IP Anda bisa saja dibanned. Sekarang ini ada banyak
jenis software email untuk membantu Anda mengirimkan email secara
massal, seperti iContact, Constant Contact, MailChimp, Netcore dan Mulxim.
Setiap
software email tersebut menawarkan fitur yang berbeda-beda. Sebelum memutuskan
memakai software tersebut alangkah baiknya memanfaatkan versi free trial lebih
dulu. Sehingga Anda bisa mengetahui apa kelebihan software yang Anda pakai
tersebut sebelum mulai memakainya.
Memperoleh
Database Email
Dalam
email marketing, hal yang tak kalah
pentingnya yaitu Anda harus memiliki database email. Buat apa jika Anda
berlangganan software jika ternyata Anda sendiri tak memiliki database email.
Secara idealnya, kita harus memiliki database email setidaknya 10.000 list
email pertama kalinya. Untuk mendapatkannya, terdapat banyak cara yang bisa
dilakukan, seperti lewat email subscription, menu kontak pada website
Anda, media sosial, dan juga bisa membelinya.
Membeli
database email ini memang sangat mudah dan juga cepat, akan tetapi Anda perlu
melakukan screening lebih dulu, dengan begitu email yang dibuthkan pun
sesuai target prospek Anda. Umumnya diantara 50.000 database email yang dibeli,
hanya terdapat 10.000 email yang dapat diperoleh sesuai keinginan.
Menjadwal
Pengiriman Email
Salah
satu kelebihan penggunaan email yaitu dapat mengirimkan email dengan terjadwal.
Sehingga Anda tak perlu bersusah payah untuk membuat ataupun mengirimkan email dengan
rutin, apalagi email berseri. Dalam hal ini Anda hanya harus membuat jadwal
untuk mengirimkan email dengan berkala. Sebaiknya jangan mengirimkan email
telalu sering atau setiap hari. Pengiriman email idealnya dilakukan satu kali
seminggu. Untuk pengirimannya cukup memilih harinya. Umumnya pengguna akan
membuka inbox email mereka di hari Rabu maupun Kamis. Di hari Jumat, bisa
melakukan follow up lagi dengan cara menelepon. Di samping membuat jadwal
pengiriman email, hal penting yang perlu Anda buatkan lainnya yaitu isi email
itu sendiri. Anda harus menentukan subjek emaiil menarik serta tak begitu
panjang, lalu buat isi yang tak berbelit serta tak dipenuhi oleh kalimat
pengantar.
UPDATE : 10/07/18
UPDATE : 10/07/18