Atasi Lampiran Email yang Tidak Bisa Dibuka

Masalah ketika membuka file lampiran email kadang ada yang kesulitan atau tidak bisa dibuka. Jika menemukan masalah file lampiran email yang sulit dibuka, ketahui dulu penyebabnya. Penyebab umum dari file lampiran atau Attachment dalam email tidak bisa diakses (dibuka) biasanya karena:
  1. Jenis sumber file bermasalah.
  2. Proses upload atau download file tidak sempurna (file terlalu besar atau masuk spam, junk, mail).
  3. Tidak ada aplikasi di komputer yang mendukung jenis ekstensi file yang dilampirkan pada email tersebut.
  4. Browser internet tidak mendukung (membutuhkan plugin java script)

Solusi pertama

Untuk mengatasi hal tersebut, pertama tanyakan kepada pengirim email, apakah file lampiran sebelumnya bisa dibuka dan sudah dilampirkan dengan benar, apakah file diproteksi atau dilindungi password. Jika tidak ada masalah maka lihat jenis file tersebut apakah komputer kamu sudah ada plugin atau mendukung jenis file yang dilampirkan.

Solusi kedua

Cobalah membuka lampiran dengan mengubah nama lampiran menggunakan nama ekstensi yang berbeda (doc, ppt, jpg, dll). Pilih Notepad atau WordPad untuk membuka lampiran, apakah bisa terbaca atau tidak. Jika komputer tidak mendukung file ekstensi, maka download dan update plugin di komputer kamu.

Atasi Lampiran Email yang Tidak Bisa Dibuka

Dan berikut ini adalah beberap plugin pendukung yang biasanya diperlukan untuk membuka jenis file atau ekstensi yang dilampirkan dalam email:
  • .docx or .xlsx atau .pptx = Word, Excel atau PowerPoint 2007 - Download Microsoft Compatibility Pack
  • .pdf = Adobe Acrobat - Download Acrobat Reader
  • .xls = Microsoft Excel - Download Excel Viewer
  • .ppt or .pps = Microsoft Powerpoint - Download Powerpoint Viewer

Solusi ketiga

Jika masalahnya terdapat pada browser internet, maka segera perbaharui atau update browser internet yang digunakan seperti Firefox, Chrome, Sapari, Opera, Internet Explorer atau yang lainnya. Pastikan juga scan komputer apakah bersih dari virus atau memang justru karena komputer terganggu oleh virus yang bisa merusak file ekstensi pada dokumen komputer.

Baca juga :  Cara Membuat Lampiran Pada Email dengan Tepat

Kalau semua cara gagal membuka lampiran email, coba minta kirim ulang email, mengirim email dalam file RAR dan ZIP akan lebih baik dan mengurangi resiko kesalahan-kesalahan lampiran email seperti di atas.

Baca juga : 3 Metode Online Marketing Paling Ampuh Saat Ini

Jangan Lewatkan