Cara Mengirim Email Ke Banyak Alamat Kontak

Bagaimana cara kirim email ke banyak orang? Kirim email ke banyak alamat kontak atau penerima caranya cukup mudah. Pada bagian format email sudah disediakan kolom Cc dan Bcc, kolom inilah yang bisa dipakai untuk mengirimkan email ke banyak orang dengan sekali kirim.

Sebelum menggunakannya perlu diketahui tentang Cc atau Carbon Copy fitur ini adalah untuk kolom isian alamat email lain selain alamat email utama. Semua alamat email yang ada pada kolom Cc akan mendapatkan salinan dari email yang kita kirim. Jadi semua orang yang berada di kolom Cc juga bisa melihat alamat email utama yang berada di kolom To (kepada).

Kolom Cc ini sebaiknya digunakan ketika mengirim email penting atau formal di lingkungan orang yang kita kenal, misalnya di kantor, sekolah atau komunitas yang sudah saling mengenal. Jangan mengirim email dengan Cc terlalu banyak karena jika salah satu email terindikasi spam, semua email bisa dianggap SPAM atau sampah oleh sistem email.

Yang kedua adalah Bcc atau Blind Carbon Copy, kolom ini juga sama dengan Cc hanya yang membedakan adalah orang yang menerima email di kolom Bcc tidak bisa melihat alamat email orang lain yang berada dikolom To atau Cc dan hanya akan melihat email dari kita (pengirim).

Kolom Bcc ini adalah solusi terbaik jika ingin mengirimkan email ke banyak orang, kamu bisa mengisi jumah email sampai 50 alamat di kolom Bcc karena bebas dari indikasi Spamming dan sistem email akan mendeteksi sebagai 'Undisclosed Recipients' (penerima rahasia).

Berikut contoh mengirim email ke banyak penerima lewat Gmail:

Langkah 1. Sign in ke halaman email
Langkah 2. Buat atau "tulis" email baru.
Langkah 3. Masukan alamat email utama penerima dikolom To/Kepada (bisa lebih dari satu)

Cara Mengirim Email Ke Banyak Alamat Kontak

Langkah 4. Semua webmail termasuk Yahoo atau Hotmail bisa mendeteksi kesalahan eja alamat secara otomatis, jadi bisa langsung mengetikan alamat email tanpa harus menulis tanda koma (, atau ;). Dan untuk mengirimkan ke banyak orang, tinggal klik kolom Cc dan Bcc seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Cara Mengirim Email Ke Banyak Orang

Langkah 5: Tulis email lengkap, cek keseluruhan - lalu "Kirim" jika sudah selesai.

Itulah cara mengirim email ke banyak alamat kontak, cara tersebut sama halnya jika ingin membalas email dan dikirim ke banyak orang, setelah klik replay atau balas, tinggal menambahkan alamat email penerima di kotak 'To, Cc atau Bcc' seperti langkah di atas.

Jangan Lewatkan