Setting Keamanan Gmail, Yahoo dan Outlook (Hotmail)

Menjaga keamanan akun email adalah penting karena email sangat berguna sebagai alat komunikasi via internet untuk keperluan surat menyurat, akses berbagai akun jejaring sosial dan aplikasi serta untuk keperluan lainnya.

Beberapa layanan penyedia web based mail atau email gratis saat ini sudah menerapkan sistem keamanan email yang begitu ketat, namun jika tidak disetting atau diatur dengan baik, tetap rawan dari pencurian atau pembobolan akun email oleh orang lain.

Setting keamanan Gmail

Untuk akun Gmail cara mengatur keamanan email cukup mudah, seperti beberapa langkah berikut ini: Pertama: Masuk ke halaman email Gmail - klik pada icon foto profile - klik "Akun Saya"

Setting Keamanan Gmail

Kedua: Pada halaman akun google - pilih "Masuk ke Google" atau jika ingin mengecek keamanan yang sebelumnya sudah disetting klik "Pemeriksaan Keamanan".

Setting Keamanan Akun Gmail

Ketiga: Pada menu keamanan akun , ada beberapa opsi atau pilihan untuk mengatur keamanan email. Lihat pada bagian "Sandi dan Metode Masuk" - pilih "Verifikasi langkah 2" lalu ikuti langkah-langkah yang diberikan Gmail untuk mengaktifkan fitur keamanan ini.

Cara mengatur keamanan gmail

Keempat: Masukan no telepon seluler - centang bagian notifikasi akun "SMS" - masukan kode angka yang dikirimkan melalui sms - Aktifkan Verifikasi langkah 2.

melindungi akun gmail

Kelima: Setelah verifikasi langkah 2 berhasil diaktifkan, kembali pada menu masuk dan keamanan, pilih opsi kedua yaitu "Opsi Pemulihan Akun" pada bagian ini masukan alamat email alternatif untuk menjaga pilihan jika no seluler tidak berfungsi.

menjaga akun gmail

Setelah email ditambahkan, langkah selanjutnya bisa melakukan pemeriksaan keamanan. Pastikan semua opsi atau pengaturan keamanan berfungsi atau berhasil di cek dengan baik, sampai tanda keamanan berubah dari kuning - ceklist hijau.

pengaturan keamanan google mail

Setting keamanan Yahoo!

Untuk pengguna Yahoo mail, pengaturan keamanan akun juga tidak jauh berbeda dengan Gmail, diperlukan no seluler dan akun email lain untuk menjaga keamanan Yahoo mail.

Pertama: Masuk ke halaman utama email Yahoo - klik tanda gear/roda pada pojok kanan atas - klik data akun - pilih "Keamanan Akun"

Setting Keamanan Yahoo Mail

Kedua: Setelah masuk ke halaman data akun, ubah sandi jika ingin memperkuat password - masukan no seluler dan tambah alamat email pemulihan. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk memverifikasi no seluler dan email pemulihan.

Pengaturan keamanan akun Yahoo

Ketiga: Aktifkan verifikasi dua langkah dengan menggeser icon tombol untuk menambah lapisan keamanan ekstra ke account Yahoo dengan mengirim kode keamanan ke ponsel ketika sign in dari perangkat baru


Cara melindungi akun yahoo mail

Aktifkan fitur keamanan ini dengan memasukan kode yang dikirim melalui SMS. Jika berhasil semua fitur keamanan Yahoo mail sudah disetting dengan baik. Yahoo juga memungkinkan untuk menambahkan sandi baru untuk aplikasi yang terhubung dengan email Yahoo.

Setting keamanan Outlook/Hotmail

Untuk akun email Outlook atau Hotmail, pengaturan keamanan akun juga tidak jauh berbeda dengan kedua webmail diatas dan pengaturannya cukup mudah.

Pertama: Masuk ke halaman utama email - klik pada bagian icon foto profile - pilih "tampilkan akun"

Setting Keamanan Outlook (Hotmail)

Kedua: Setelah masuk ke halaman utama akun Microsoft, lihat dibagian bar atas klik pada tulisan "Security and Privacy" - pilih "More security settings"

pengaturan Keamanan email Outlook atau Hotmail

Ketiga: Masukan kembali sandi untuk mengakses halaman keamanan dan masukan 4 angka terakhir dan no hp lalu kirim send code kode verifikasi dan masukan 8 digit kode angka yang dikirim melalui SMS.

Setting Keamanan Hotmail

Keempat: Pada halaman keamanan akun, untuk memasukan alamat email alternatif klik pada tulisan "Add security info" lalu masukan alamat email alternatif. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk validasi email alternatif.

melindungi email outlook dan hotmail

Kelima: Untuk mengaktifkan verifikasi langkah 2, scroll ke bawah lalu klik pada bagian "Set up two-step verification" - klik Next untuk langkah selanjutnya - pilih mobile device yang dipakai untuk mengakses akun - ikuti langkanya sampai fitur Two-step verification berhasil diaktifkan.

Ingat, catat atau copy salin kode verifikasi yang diberikan. Jika no seluler dan email tidak berfungsi, maka kode inilah yang akan diperlukan untuk mengakses akun Outlook atau Hotmail melalui tingkat keamanan kedua.

cara setting keamanan akun email

Itulah langkah mudah pengaturan atau setting keamanan Gmail, Yahoo dan Outlook (Hotmail). Dengan melakukan pengaturan tersebut, akun email menjadi semakin aman dan tidak perlu khawatir akan pembobolan akun oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

Jangan Lewatkan