Email Blast Dan Tips Penerapannya

Dalam dunia pemasaran online sering disebut istilah Email Blast, apa yang dimaksud dengan email blast tersebut? Pada dasarnya email blast merupakan bagian dari email marketing atau lebih kepada cara pengiriman email secara masal ke seluruh mailing list atau ke banyak alamat email orang lain yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau layanan jasa tertentu.

Email blast tentu jadi faktor utama kesuksesan sebuah kampanye iklan dengan menggunakan metode email marketing, karena jika dilakukan dengan cara atau proses yang benar maka email blast merupakan salah satu alat pemasaran yang efisien, akan membantu kita menjangkau lebih banyak pelanggan yang tertarget dengan biaya serendah mungkin.

Untuk memulai email blast memang diperlukan sebuah aplikasi atau software/perangkat lunak yang mendukung proses pengiriman email secara masal. Untuk anda yang mahir pemograman tentu bisa membuat email blast sendiri, namun bagi anda yang baru mau memulai pemasaran melalui email, saat ini banyak sekali situs online yang menyediakan layanan email blast dengan mudah seperti contohnya Mailchimp, Aweber. Send Blaster dan yang lainnya.
Baca juga: 4 Langkah Mudah Memulai Email Marketing
Email Blast Dan Tips Penerapannya
Menulis email blast tentu berbeda dengan menulis email biasa, berikut ini adalah beberapa tips atau aturan yang tidak baku ketika memulai email blasting:

Pastikan sudah memiliki list email yang tepat

Banyak marketer online yang mengumpulkan email banyak namun diperoleh dari tempat yang salah, hal ini tentu mengakibatkan pemasaran email tidak berhasil karena email yang dikirim tertuju pada orang yang salah. Ada ratusan email list yang tepat lebih baik daripada ribuan kontak email namun tidak tepat sasaran. Ini berarti adalah pekerjaan penting dalam membangun email list ketika memulai email marketing.

Komitmen dan Konsisten dalam Email Marketing

Pemasaran produk melalui email memang bisa dibilang klasik atau cara lama, namun jika benar dalam penerapannya hasilnya luar biasa. Kesalahan umum para internet marketer ketika promosi melalui email adalah cepat menyerah dan tidak sabar, selain mengirim email bukan lagi seperti marketing melainkan spam tidak beraturan. Perlu diingat bahwa memasarkan produk/jasa melalui email tidak seperti TV atau media masa lainnya, pelanggan akan membuka email berbeda tergantung pada waktu bisa sehari , seminggu, sebulan bahkan ada yang setahun sekali membuka email, jadi dibutuhkan komitmen dalam mengirim email selama periode waktu tertentu. Buatlah jadwal pengiriman email yang konsisten dan teratur sesuai produk yang dipasarkan dalam email.

Kombinasikan Teks dan Gambar dalam email

Kerangkan atau template email adalah penting untuk menarik minat pelanggan. Email yang hanya berisi teks saja bisa membosankan, tapi terlalu banyak gambar juga bisa memberatkan akses pelanggan ketika membuka email apalag tidak di desain dengan responsive yang bisa menyesuaikan dengan berbagai gadget zaman sekarang, belum lagi akan mudah dibaca oleh filter spam. Jadi mengkombinasikan teks dan gambar sangat penting dalam email blast.

Buat email berisi "Ajakan" atau "Tindakan"

Email marketing berarti penawaran, buatlah judul semenarik mungkin yang intinya jelas mengajak pelanggan untuk melakukan tindakan ketika membuka email yang dikirim secara masal/blasting. Perhatikan juga dalam template email apakah sudah terdapa tombol kontak atau tombol klik untuk akses halaman/formulir isian di website utama, jika belum maka sisipkan kalimat ajakan atau tindakan untuk pembaca email. Perhatikan juga isi keseluruhan email, jangan membuat email yang terlalu panjang dan bertele-tele, tapi usahakan ringkas jelas dan padat berisi produk yang ditawarkan.

Lacak atau track email blast

Terakhir, setelah mengirimkan email dengan metode email blast, pastikan melacak setiap feed back email yang masuk dari pelanggan. Trace email diperlukan untuk mengetahui identitas penerima email yang nantinya bisa difollow up atau ditindak lanjut oleh anda. Jika menerima balasan yang tidak sesuai target, hapus email tersebut dari mail list dalam aplikasi email marketing. Software atau aplikasi email marketing biasanya sudah menyediakan halaman atau fitur Tracking, Tagging, Segmentation, sampai Reporting mail. Jadi Anda bisa dengan mudah melacak kampanye email yang dikirmkan, seperti siapa saja yang membuka email, mengklik link dalam email, siapa yang berhenti berlangganan atau Unsubscribes dan jelas mengerti siapa pelanggan yang paling tertarik pada email.

Jangan Lewatkan