Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email 2019

Dengan adanya Email kegiatan surat menyurat via internet jadi lebih mudah, begitupun jika ingin mengirimkan surat lamaran kerja ke perusahaan secara online, bisa langsung mengirimkan lamaran ke banyak tempat tanpa harus repot mengunjungi perusahaan tersebut satu-persatu. Karena di era teknologi seperti sekarang ini sudah banyak perusahaan menerima lamaran pekerjaan melalui surat elektronik atau email.

Sebelum membuat surat lamaran pekerjaan melalui email, perlu diperhatikan beberapa point penting atau yang cukup mendasar seputar cara penulisan email yang baik dan benar, sehingga kita bisa dengan mudah menulis email lamaran kerja.
Baca juga: Tips Menulis Email yang Baik dan Benar
Berikut ini adalah cara membuat surat lamaran kerja melalui email.

Judul Email

Sebelum menulis judul, pastikan alamat tujuan dengan benar lalu buat judul email singkat dan jelas. Untuk email formal seperti ini tidak perlu bertele-tele langsung buat judul yang jelas contoh: "Lamaran untuk Posisi Staff Accounting"

Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email

Catatan: Baca dengan baik iklan lowongan kerja tersebut, karena biasanya perusahaan meminta menuliskan kode tertentu di judul atau subject email. Terutama jika mereka sedang membuka beberapa lowongan pekerjaan.

Badan Email (Isi Surat)

Surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar adalah ditulis langsung melalui badan email, dan sangat tidak disarankan dilampirkan dalam file tersendiri seperti Ms.Word, karena itu sama saja dengan format lamaran via POS. Jadi surat lamaran (cover letter) dapat langsung ditulis pada badan email (di dalam email).

Awali dengan salam pembuka - perkenalan diri - inti surat lamaran - akhiri dengan salam penutup - tanda tangan (signature).
Baca juga: Menambahkan Tanda Tangan (Signature) Email

Contoh email lamaran kerja

Lampiran Email

Satukan semua lampiran email seperti resume/dafar riwayat hidup, KTP, Ijazah dan lainnya dalam bentuk ZIP/RAR, sehingga selain size-nya (ukuran file) menjadi lebih kecil/ringan, juga jumlah file yang dilampirkan (di attach) menjadi hanya satu file. Ini memudahkan pihak perusahaan dalam mendokumentasikan dan menyortir file-file dari pelamar yang lain termasuk dari Anda.
Baca juga: Cara Membuat Lampiran Pada Email
Jenis File Attachment yang dilampirkan pada umumnya perusahaan akan menuliskan pada iklan lowongan kerjanya, jenis file yang boleh anda kirim. Walaupun umumnya meminta file MS Word, terkadang mereka mengijinkan anda untuk mengirimkan file berformat pdf atau xls atau txt. Jika tidak disebutkan, kirimkan resume dalam file MS Word (.doc). Untuk Foto, Ijazah atau KTP pastikan ukurannya kecil, sehingga tidak melebihi batas ukuran pada email.

Jangan Lewatkan